Sabtu, 15 Oktober 2011

Pelajaran TIK kelas X


  1. Ctrl + A = memblok kata / menandai kata
  2. Ctrl + B = membuat kata huruf tebal (Bold)
  3. Ctrl + C = untuk menyalin kata (Copy)
  4. Ctrl + D = untuk mengatur huruf
  5. Ctrl + E = membuat paragraph rata tengah (Center)
  6. Ctrl + F = untuk mencari kata (Find)
  7. Ctrl + G = untuk pergi ke page yg di inginkan (Go To)
  8. Ctrl + H = untuk mencari dan menggati suatu huruf (Find and Replace)
  9. Ctrl + I = untuk membuat huruf miring (Italic)
  10.  Ctrl + J = untuk membuat paragraph rata kanan kiri (Justify)
  11. Ctrl + K = untuk menyisipkan hyperlink
  12. Ctrl + L = untuk membuat paragraph rata kiri (Align Text Left)
  13. Ctrl + M = untuk mengatur paragraph (Hanging Inden)
  14. Ctrl + N = untuk membuat dokumen baru (New)
  15. Ctrl + O = untuk membuka file yg disimpan (Open)
  16. Ctrl + P = untuk meng”print” dokumen (Print)
  17. Ctrl + Q =
  18. Ctrl + R = untuk membuat paragraph rata kanan (Align Text Right)
  19. Ctrl + S = untuk menyimpan dokumen ( Save)
  20. Ctrl + T = untuk mengatur paragraph bagian bawah (Left Inden)
  21. Ctrl + U = untuk menggaris bawahi suatu kata (Underline)
  22. Ctrl + V = untuk mem”paste” suatu kata yg telah di copy
  23. Ctrl + W = untuk keluar dari aplikasi MS
  24. Ctrl + X = untuk menghapus kata yg telah di blok
  25. Ctrl + Y = untuk mengulang kata yg telah diketik (repeat typing)
  26. Ctrl + Z = untuk membatalkan suatu perintah (Undo)

PEMROGRAMAN KOMPUTER

Program komputer adalah rangkaian kata perintah yang telah dimengerti oleh komputer untuk dikerjakannya.  Kata-kata  perintah  tersebut  membentuk  suatu  bahasa  yang  disebut  dengan bahasa pemrograman.  Sebagaimana  bahasa  pada  manusia,  bahasa  pemrograman  juga  terdiri  atas  banyak macam bahasa, dan memiliki aturannya masing-masing.
Sulitnya,  komputer  saat  ini belum diberi hak  inisiatif,  sehingga  jika  ada  sedikit  saja kesalahan penulisan perintah oleh pemrogram,  ia  tidak mau memakluminya atau berusaha memperbaiki  sendiri kesalahan  tersebut. Serta merta  ia “ngambek” dan  tidak mau mengerjakan perintah-perintah  lainnya. Komputer diciptakan melalui  logika manusia, karenanya,  ia bekerja  secara  logis,  tanpa campur-tangan “perasaan.”
Pemrograman: menyusun langkah-langkah sistematis untuk mencapai suatu tujuan tertentu Pemrograman merupakan  salah  satu kemampuan dasar manusia  yang  sudah ada bahkan  sebelum  ia mengenal matematika/aritmetika
Pemrograman Komputer: penyusunan perintah-perintah untuk dijalankan oleh komputer

Perbedaan  dengan  pemrograman  non  komputer:  komputer  adalah  benda mati  yang  BODOH  namun dapat bekerja dengan TERAMAT CEPAT sehingga program harus dibuat seteliti dan serinci mungkin.
KESALAHAN SEDIKIT pada pemrograman komputer berakibat KEGAGALAN.
PERLU  adanya  PENGUASAAN DASAR  dalam menulis  perintah-perintah  dalam  bahasa  pemrograman tertentu

ALGORITMA
Algoritma  di  definisikan  sebagai  susunan  langkah  kerja  (aspek  logika  proses)  untuk menyelesaikan  suatu masalah.  Penemu  algoritma  sendiri  yang  tercatat  dalam  sejarah awal  adalah  dari  seorang  yang  bernama  Abu  Abdullah  Muhammad  Ibn  Musa  AL KHWARIZMI. Al Khwarizmi adalah seorang ahli matematika dari Uzbekistan yang hidup di  masa  tahun  770-840  masehi.  Di  literatur  barat  ia  lebih  terkenal  dengan  sebutan Algorizm. Kata algoritma sendiri berasal dari sebutannya ini.

Definisi Algoritma
“Algoritma  adalah  urutan  langkah-langkah  LOGIS  penyelesaian  masalah  yang  disusun  secara SISTEMATIS dan TERPERINCI”. 
Melaksanakan  ALGORITMA  berarti  mengerjakan  LANGKAH-LANGKAH  di  dalam  Algoritma  tersebut.
Pemroses (computer) mengerjakan proses sesuai dengan algoritma yang diberikan kepadanya. Contoh
penerapan algoritma dalam kehidupan sehari-hari:
  Juru masak membuat kue berdasarkan resep yang diberikan kepadanya.
  Pianis memainkan lagu berdasarkan papan not balok.
Sejarah Singkat Pascal
  Dirancang oleh Prof. Nicklaus Wirth dari Technical University di Zurich, Switzerland tahun 1971.
  Nama Pascal berasal dari Blaise Pascal, nama ahli matematika dan philosopi dari Perancis (abad 17).
  Pengembangan dari bahasa Algol 60 dan Algol W (turunan Algol 60).
  Memiliki  beberapa  versi,  seperti  :  Turbo  Pascal, Ms  Pascal  (Microsoft),  Apple  Pascal,  UCSD (University of California at San Diego Pascal), dll.
  Turbo Pascal yang dibuat oleh  Borland  Inc. adalah versi yang paling banyak digunakan karena menggunakan Compiler untuk menterjemahkannya dan juga mengikuti standard bahasa Pascal yang dibuat oleh Nicklaus Wirth dan K. Jensen.
  Pascal  merupakan  bahasa  pemrograman  tingkat  tinggi  (high  level  language)  dan  terstruktur (Structured Programming language).

Struktur Program Pascal
  Judul Program  (Program Heading) bersifat optional  (boleh digunakan/tidak),  tetapi  sebaiknya digunakan karena mencantumkan nama program.
  Blok Program (Program Block) atau Badan Program (Program Body), terdiri dari :
-  Bagian deklarasi  (Declaration Part)  : untuk menyiapkan elemen-elemen program,  seperti  seperti nama konstanta, variable, label, tipe, prosedur dan fungsi serta penggunaan unit.
-  Bagian  Pernyataan  (statement  part)  :  untuk  menunjukkan  suatu  tindakan  yang  akan dikerjakan oleh program. Diawali Begin dan diakhiri End..
-  Setiap akhir pernyataan diakhiri titik koma ( ; ), kecuali untuk nama label.
-  Akhir program diberi titik ( . ).





Identifier (Pengenal)
•  Adalah  nama  yang  dibuat  oleh  programmer  yang  berfungsi  sebagai  nama  pengenal  dari  suatu elemen  program,  seperti  nama-nama  untuk  judul  program,  variable,  konstanta,  label,  prosedur,
fungsi, dll.
•  Syarat-syarat penamaan suatu identifier :
1.  Karakter pertama huruf
2.  Karakter kedua dan seterusnya boleh huruf, angka, garis bawah
3.  Tidak boleh menggunakan karakter khusus (kecuali. Garis bawah), seperti : . , - * / @ ! > % dsb
4.  Tidak boleh mengandung spasi/blank
5.  Panjang nama bebas, tetapi hanya 63 karakter awal yang signifikan
6.  Tidak boleh menggunakan kata yang sudah dipakai oleh pascal (reserved word)
Contoh :
Identifier yang Benar : 
  SegiTiga    Segitiga 
  Segi3    Segi_3
Identifier yang salah : 
  Segi Tiga   Segi 3
  Segi-Tiga
Catatan  : PASCAL  tidak membedakan huruf besar dan huruf kecil,  jadi  identifier berikut akan dianggap sama : Segitiga, segitiga, SEGITIGA, SegiTiga, SeGiTiGa.

Reserved Word (Kata Tercadang)
• Adalah kata-kata yang sudah didefinisikan oleh Pascal dan mempunyai arti tertentu.
• Kata-kata tersebut tidak boleh digunakan sebagai identifier (Pengenal).
Contoh : PROGRAM, BEGIN, END, IF, FOR, WHILE, REPEAT, WRITE, READ, dsb.

VARIABLE 
Variable adalah data yang AKAN DIMANIPULASI oleh pemroses, dia harus berada didalam satu tempat, dia  harus  punya  nama  pengenal(label)  dan  berisi  satu  jenis  data  /  informasi.  Di  analogikan  sebagai “WADAH DATA”.
Variabel  adalah  Suatu  tempat  di  dalam memori  komputer  yang  dapat menyimpan nilai/data yang berubah-rubah.

TYPE 
Type menyatakan pola penyajian data dalam komputer. 
SETIAP VARIABLE harus memiliki type tertentu.

 Type variable berdasarkan data yang dikandungnya
1.  Variable Numeric : berisi angka / bilangan

BULAT   => INTEGER
dalam PASCAL type bilangan bulat dibagi menurut jangkauan yang diizinkan :
Type  Jangkauan  Memori
Byte  0 s/d 255  1 byte
Shortint  -128 s/d 127  1 byte
Word  0 s/d 65535  2 byte
Integer  - 32768 s/d 32767  2 byte
Longint  - 2147483648 s/d 2147483647  4 byte

PECAHAN => REAL / FLOAT
dalam PASCAL type bilangan pecahan dibagi menurut jangkauan yang diizinkan :
Type  Jangkauan  Memori
Real.  2,9 * 10-39 s/d 1,7 * 10+38  6byte
Single.  1,5 * 10-45 s/d 3,4 * 10+38  4byte
Double.  5,0 * 10-324 s/d 1,7 * 10+308  8byte
Extended  3, 4* 10-4932 s/d 1,1 * 10+4932 10byte

2.  Variable Alfanumerik => berisi rangkaian huruf atau lambang
KARAKTER =>               CHAR  {hanya berisi sebuah karakter}
                          STRING {dapat berisi lebih dari satu karakter /deretan karakter}
3.  Variable Logika (BOOLEAN): berisi nilai benar atau salah (True/False)

 Menentukan type variable
Variable yang digunakan dalam program harus ditentukan dahulu type-nya pada bagian deklarasi. Untuk mendeklarasikan variabel digunakan kata “var” kemudian namavariabel:typevariabel.
Contoh
Program contoh_variabel;
Var 
nama:string;
angka : integer;
sikap : char;
nilai : byte;
nilai_rata_rata : real;

Statement 
Statement/pernyataan  disebut  juga  ekspresi  adalah  operasi  penugasan  terhadap  sebuah  variabel. Dalam  PASCAL  tanda  titikdua  samadengan  “:=”  digunakan  untuk  memasukan  nilai  kedalam  sebuah variabel. Setiap akhir statement diakhiri tanda titik koma “;”. 
Contoh 
nilai := 75;
nama := ‘Sigarantang’;
sikap := ‘A’;
nilai_rata_rata := 75.25;
 Operator-operator yang dapat digunakan terhadap variable 
1.  Operator Aritmatika : +, -, / , * , mod, div, sqr, sqrt, abs, Dll.
Contoh : 
angka := 5 mod 2;  {= 1 (MOD = sisa bagi bilangan bulat)}
B := 5 div 2;    {B = 2 (hasil bagi) }
C := sqrt(9);  { C =  9  = 3 }
X := sqr(5);  { X = 52 = 25}

2.  Operator Trigonometri : sin, cos, arcsin dll.
Contoh : 
alfa := sin(beta*5);

3.  Operator Logika : NOT, AND, OR, XOR.
Contoh : 
A := true; B := False;
C := (NOT (A AND B)) OR A;

4.  Operator Alfanumerik (penggabungan [+], pengambilan karakter [substring], length dll).

5.  Operator Relasional / Perbandingan : <, <=, >, >=, =, <>.

Salah satu kelebihan pemrograman komputer adalah kemampuannya dalam melakukan pemilihan. Struktur kendali pemilihan ini dinyatakan dalam sintak IF. Sintak IF :
IF <kondisi> THEN <pernyataan_jika_benar>
Atau
IF <kondisi> THEN <pernyataan_jika_benar> ELSE <pernyataan_jika_salah>
Keterangan :
  <kondisi> merupakan pernyataan logika yang akan menghasilkan nilai TRUE atau FALSE.
  <pernyataan_jika_benar> merupakan satu atau lebih pernyataan yang akan dilakukan apabila
<kondisi> bernilai TRUE.
  <pernyataan_jika_salah> merupakan satu atau lebih pernyataan yang akan dilakukan apabila
<kondisi> bernilai FALSE.

Contoh program
Var x:byte;
Begin
  Readln(x);
  If x=1 then
             Write(‘angka satu’)
             Else
               Write(‘angka bukan satu’);
             Readln;
End.

Keterangan program:
- Var x:byte;
Deklarasikan  variable bernama X bertype byte. Artinya  variable X hanya dapat menampung data bilangan bulat dari 0 sampai 255.
- Begin 
Mulai program.
- Readln(x);
Minta inputan dari user (berupa angka). Inputan dari user akan dimasukkan kedalam variable X.
- If x=1 then
Pengujian kondisi apakah nilai variable X SAMA DENGAN 1? Pengujian ini akan menghasilkan nilai TRUE atau FALSE
Jika benar (TRUE) bahwa nilai variable X=1 maka akan dilakukan pernyataan :
- Write(‘angka satu’)
Artinya  tulisan  ‘angka  satu’  akan  ditampilkan  di  layar monitor.  PERHATIKAN  STATEMENT  SEBELUM  ELSE TIDAK BOLEH MENGGUNAKAN TANDA TITIK KOMA ‘;’.
 Jika nilai variable X TIDAK SAMA DENGAN 1 artinya kondisi diatas tidak terpenuhi (FALSE). Maka pernyataan
yang akan dilakukan adalah pada bagian ELSE. Yaitu :
- Write(‘angka bukan satu’);
Artinya tulisan ‘angka bukan satu’ akan ditampilkan di layar monitor.
- Readln;
Artinya tunggu penekanan enter.
- End.
Selesai. Dalam program diatas apabila user menginput angka 1 maka outputnya ‘angka satu’. Tapi jika user
menginput angka selain satu misalnya angka 2 maka outputnya ‘angka bukan satu’.

Salah  satu  kelebihan  pemrograman  komputer  lainnya  adalah  kemampuannya  dalam  melakukan perulangan. Salah satu struktur perulangan dalam PASCAL dinyatakan dalam sintak FOR DO :
FOR <kondisi_awal>  TO <kondisi_akhir> DO
Begin 
<pernyataan1>
<pernyataan2..n>
End;
Pada perulangan FOR DO diperlukan sebuah variable iterasi. Variable iterasi adalah variable yang akan ditambahkan  dengan  satu  setiap  kali  perulangan.  Variable  iterasi  ini  harus  berupa  bilangan  bulat. Variable iterasi harus dideklarasikan terlebih dahulu.
Contoh :
Var i:byte;
Begin 
For i:=1 to 5 do
Writeln(‘cianjur’);
End.

Keterangan program:
- Var i:byte;
Deklarasikan variable bernama i bertype byte. Artinya variable i hanya dapat menampung data bilangan
bulat dari 0 sampai 255. Dalam program ini variable I akan dijadikan sebagai variable iterasi.
- Begin 
Mulai program.
- For i:=1 to 5 do
Terdapat perulangan for, artinya : selama i=1 sampai 5 lakukanlah …
- Writeln(‘cianjur’);
Akan menuliskan ‘cianjur’ di layar monitor.
Tulisan cianjur akan ditampilkan sebanyak 5 kali. Output :
cianjur
cianjur
cianjur
cianjur
cianjur
- end.
Selesai.

Contoh program yang lain :
Var i:byte;
Begin
For i:=1 to 10 do
Write(i);
End.
Program diatas akan menghasilkan output : 12345678910

Var i:byte;
Begin
For i:=0 to 4 do
Write(‘cianjur’);
Write(‘bandung’);
End.
Program diatas akan menuliskan ‘cianjur’ sebanyak 5 kali dan menuliskan ‘bandung’ hanya satu kali saja.

Var i:byte;
Begin
For i:=5 to 10 do
Begin 
Write(‘cianjur’);
Write(‘bandung’);
End;
End.
Program diatas akan menuliskan ‘cianjur’ dan ‘bandung’ sebanyak 5 kali.

Var a,b:byte;
Begin
For a:=1 to 3 do
Begin 
    For b:=a to 3 do 
       Write(‘*’);
    Writeln;
End;
End.
Program diatas akan menghasilkan :
***
**
*

<!-- /firstHeading --> <!-- bodyContent --> <!-- tagline -->
BIOS, singkatan dari Basic Input Output System, dalam sistem komputer IBM PC atau kompatibelnya (komputer yang berbasis keluarga prosesor Intel x86) merujuk kepada kumpulan rutin perangkat lunak yang mampu melakukan hal-hal berikut:
  1. Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras (dalam proses yang disebut dengan Power On Self Test, POST)
  2. Memuat dan menjalankan sistem operasi
  3. Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja, serta kestabilan komputer)
  4. Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services.
BIOS menyediakan antarmuka komunikasi tingkat rendah, dan dapat mengendalikan banyak jenis perangkat keras (seperti keyboard). Karena kedekatannya dengan perangkat keras, BIOS umumnya dibuat dengan menggunakan bahasa rakitan (assembly) yang digunakan oleh mesin yang bersangkutan.
Istilah BIOS pertama kali muncul dalam sistem operasi CP/M, yang merupakan bagian dari CP/M yang dimuat pada saat proses booting dimulai yang berhadapan secara langsung dengan perangkat keras (beberapa mesin yang menjalankan CP/M memiliki boot loader sederhana dalam ROM). Kebanyakan versi DOS memiliki sebuah berkas yang disebut "IBMBIO.COM" (IBM PC-DOS) atau "IO.SYS" (MS-DOS) yang berfungsi sama seperti halnya CP/M disk BIOS.
Kata BIOS juga dapat diartikan sebagai "kehidupan" dalam tulisan Yunani (Βίος).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar